Shadow

7 Tips Menggunakan Google Meet

1. Buka Meet
Untuk memulai sesi dengan Google Meet, di browser Anda, cukup buka halaman ini: https://meet.google.com/. Dan, jika Anda memiliki akun Google, Anda dapat masuk dan mengakses antarmuka Meet.

meet

Versi lengkap Meet hanya tersedia bagi mereka yang memiliki akun G-Suite. Meskipun siapa pun yang memiliki akun Google dapat bergabung dengan Rapat, mereka tidak dapat menyelenggarakannya. Temu ini juga disertakan secara default di panel aplikasi Google Chrome jika Anda memiliki G-Suite.

Bagi mereka yang menggunakan perangkat seluler dan bukan komputer, aplikasi tersedia untuk ponsel dan tablet Android dan iOS, dan kami juga akan membahas cara menggunakannya di langkah selanjutnya.

Tapi pertama-tama, mari kita mulai rapat ini.

2. Mulai atau gabung dengan Meet
Setelah meluncurkan Meet, Anda akan diberi panel yang dapat diklik yang memiliki opsi untuk ‘Bergabung atau memulai rapat’. Di bagian layar yang sama, ia juga akan menampilkan rapat apa pun yang sebelumnya Anda jadwalkan di Kalender Google.

meet

Untuk bergabung dengan rapat, Anda harus mengetahui nama pertemuan itu, dan dalam contoh kami, kami telah membuat pertemuan yang disebut Tech Radar Pro, dan mengklik ‘lanjutkan’ untuk bergabung.

3. Jadilah Presenter
Jika pertemuan yang kami coba bergabung tidak ada atau kami satu-satunya orang, Meet akan menganggap bahwa kami ingin membuat pertemuan baru, dan juga memberikan opsi untuk ‘hadir’.

Sebagai presenter, Anda dapat mendistribusikan desktop komputer Anda ke peserta lain. Penting untuk disadari bahwa siapa pun dapat hadir. Ini bukan fitur eksklusif dari orang yang membuat Rapat atau sampai di sana terlebih dahulu.

4. Kontrol Kamera dan Suara
Ketika pertemuan dibuat, sistem Anda segera diperiksa untuk fungsi konferensi, termasuk input dan output audio dan tautan video. Secara default suara dan video mati, tetapi hanya dengan mengklik ikon di bagian bawah panel layar akan mengaktifkan dan menonaktifkan fitur ini.

Satu keanehan kecil yang membuat orang sedikit terkejut adalah bahwa jika Anda memiliki video yang aktif dari diri Anda sendiri, itu tampak seperti cermin. Itu karena itu menunjukkan Anda seolah-olah Anda melihat ke cermin, tetapi penerima video akan melihat Anda seperti apa adanya jika tidak dicerminkan.

5. Tambahkan orang
Rapat tidak terlalu menyenangkan tanpa yang lain, jadi setelah rapat dimulai, Anda dapat menambahkan orang ke dalamnya yang belum diundang.

Ada banyak cara untuk melakukan ini, tetapi cara khas kebanyakan bisnis adalah mengirim email atau pesan obrolan dengan tautan ke rapat.

Meet membuat tautan untuk Anda salin dan gunakan sesuai keinginan, atau dapat mengirim email kepada siapa saja dengan tautan itu jika Anda memberikan alamat email.

Sebagai pilihan terakhir, nomor telepon juga disediakan. Ini harus menjadi nomor untuk negara tempat akun G-Suite terdaftar, tetapi tidak semua wilayah tersedia. Dengan menggunakan nomor ini, siapa pun dapat memasuki rapat dengan koneksi yang adil dan audio, meskipun mereka tidak akan dapat melihat presentasi visual apa pun atau video peserta.

Sebagai jalan pintas untuk menambahkan orang, semua yang merupakan bagian dari akun G-Suite terdaftar dan dapat diklik untuk menambahkan. Anda juga dapat memanggil pengguna tersebut langsung dari aplikasi jika Anda ingin memastikan bahwa mereka tersedia.

6. Tampilkan presentasi Desktop
Sebagai presenter Meet, Anda dapat dilihat secara langsung oleh peserta atau melihat isi komputer Anda.

Kontrol untuk ini ada di kanan bawah panel, dan Anda dapat memilih apakah seluruh layar atau hanya jendela aplikasi dapat terlihat. Ini adalah fasilitas yang sangat berguna untuk presentasi Powerpoint, atau jika Anda ingin menggunakan Meet untuk pelatihan perangkat lunak.

Layak dikatakan bahwa ada batasan pada apa yang dapat Anda sajikan dari desktop, karena penangkapan dan kompresi gambar yang berubah dengan cepat tidak dapat mengimbangi permainan video atau pemutaran video 4K, Meet tidak dirancang untuk menangani masalah seperti itu.

7. Bisukan peserta
Kami semua telah menggunakan alat konferensi di mana seorang peserta memiliki umpan balik audio atau seseorang dengan alat listrik di dekatnya. Bagaimana Anda menghadapinya?

Jika Anda mengeklik siapa pun dalam daftar orang yang hadir, audio mereka dapat dibisukan atau

Baca Juga : Platform Intel vPro akan Tantang AMD Ryzen Pro baru